Perawatan Rutin Bagi Ayam Bangkok Dalam Sehari-Hari

perawatan rutin bagi ayam bangkok dalam sehari-hari - sabung ayam online

Perawatan Rutin Bagi Ayam Bangkok Dalam Sehari-Hari – Sabung Ayam Online

Sabung Ayam Online – Perawatan Rutin Bagi Ayam Bangkok Dalam Sehari-Hari – Perawatan pada ayam bangkok sebenarnya dibagi atas dua yaitu, perawatan rutin dan juga perawatan berkala. Adapun, pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai perawatan ayam secara rutin. Perawatan rutin pada ayam bangkok merupakan perawatan yang diberikan kepada ayam bangkok dalam sehari-harinya. Melakukan perawatan pada ayam bangkok juga tidak dapat dilakukan secara ugal-ugalan melainkan ada tahap khususnya. 

Adapun perawatan yang diberikan pada ayam bangkok berguna untuk menjaga kondisi sang ayam agar selalu dalam kondisi prima dan tidak mudah terserang penyakit apapun. Oleh karena itu perawatan seperti mandi, penjemuran, latihan, istirahat, serta pemberian pakan dan suplemen sangat perlu diberikan pada ayam bangkok. Dan pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai perawatan rutin bagi ayam bangkok dalam sehari-hari, terutama bagi kalian yang masih terbilang pemula.

1.Mandi

Memandikan ayam bangkok merupakan tahap awal dalam melakukan perawatan pada sang ayam. Proses ini dapat dilakukan saat pagi hari sekitar  pukul 06.00 hingga pukul 07.00 menggunakan air bersih. Hal ini dilakukan bertujuan agar sang ayam dalam keadaan bersih dan terlihat segar.

2.Penjemuran

Setelah proses pemandian ayam selesai, lakukan tahap kedua, yaitu melakukan penjemuran pada sang ayam. Masukan langsung sang ayam yang sudah dimandikan tadi ke dalam kandang umbaran agar tubuh sang ayam mengering dengan cepat. Namun perlu diingat, jangan memasukan sang ayam dalam kurungan karena hal tersebut akan membuat sang ayam menjadi tidak bebas untuk mengepakkan sayap-sayap nya secara bebas. Sebaliknya, biarkan sang ayam di dalam kandang umbaran hingga menjelang sore sehingga nantinya sang ayam dapat bermain dengan bebas.

Perawatan Rutin Bagi Ayam Bangkok Dalam Sehari-Hari

3. Latihan 

Selain tahap pembersihan, sang ayam juga perlu diberikan pelatihan agar nantinya tidak kaku kala di adu nanti. Lakukan proses interaksi sang ayam dengan ayam lainnya. Latihan ini dapat dilakukan dengan cara mengumbar ayam yang kita miliki dengan ayam babon atau ayam untulan untuk dikejar maksimal 3 kali dalam seminggu. Jangan terlalu mengurung sang ayam dalam kandang, hal ini dikarenakan dapat membuat sang ayam menjadi stress.

4. Istirahat

Ayam yang telah diumbar dalam seharian, jika sudah pukul 4 sore sebaiknya langsung diangkat dan dimasukan ke dalam kandang. Hal ini agar tubuh sang ayam tidak terlalu kelelahan. Jangan lupa untuk memberikan sang ayam pakan serta minum dalam kandang nya.

5. Suplemen

Pemberian pakan serta minum pada ayam bangkok saja tidaklah cukup, namun sang ayam juga perlu diberikan vitamin tambahan dalam bentuk suplemen. Berikan sang ayam multivitamin B kompleks setiap dua hari sekali. Pemberian gula merah serta tomat juga dapat diberikan sebagai suplemen alami bagi sang ayam agar menunjang kondisi sang ayam.

Bookmark the permalink.