Cara Membuat Obat Tradisional Untuk Penyakit Ayam Lumpuh

obat tradisional untuk penyakit ayam lumpuh - sabung ayam online

Cara Membuat Obat Tradisional Untuk Penyakit Ayam Lumpuh – Sabung Ayam Online

Sabung Ayam Online – Cara Membuat Obat Tradisional Untuk Penyakit Ayam Lumpuh – Penyakit ayam lumpuh merupakan salah satu penyakit yang kerap kali menyerang ayam bangkok kesayangan kita. Gejala yang ditimbulkan dari penyakit seperti ini dapat terlihat dari sang ayam yang tiba-tiba terkulai lemas tak berdaya dan hanya tertidur saja dan tak mampu untuk berdiri.

Penyakit ayam lumpuh atau yang disebut dengan turun urat ini dapat terjadi dikarenakan oleh beberapa hal seperti :

1. Sang ayam yang terlalu sering diadu.
2. Ayam yang dipaksa untuk diadu dalam usia yang masih muda
3. Bisa juga dikarenakan sang ayam yang ditarungkan dengan ayam yang umurnya jauh lebih tua.
4. Tanpa adanya persiapan, sang ayam dimasukan kedalam arena
5. Ketika diadu, sang ayam mendapatkan pukulan telak dibagian tubuh yang vital. Kadang, penyakit ini baru dapat terlihat setelah beberapa hari kemudian.
6. Ayam bangkok yang sering memukul benda-benda keras misalnya kayu atau batu ketika tengah bertarung.

Tentunya kita sebagai para penghobi sabung ayam, tidak ingin melihat ayam kita tersiksa seperti ini. Oleh karena itu , pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai Cara Membuat Obat Tradisional Untuk Penyakit Ayam Lumpuh yang dapat kalian coba.

Perlu diingat, selama proses pemulihan berlangsung ayam yang sakit harus dipisahkan dengan ayam yang sehat agar ayam yang sehat tidak tertular dengan ayam yang sakit.

1. Obat Dalam Tradisional

Obat dalam untuk ayam yang mengalami penyakit lumpuh dapat kita buat dengan bahan-bahan tradisional. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain bawang merah, cabe merah, dan jahe dengan perbandingan 1 : 2 : 2. Bahan yang sudah kita siapkan tersebut kemudian kita tumbuk hingga halus dan kita cekoki langsung pada ayam aduan kita.

Lakukan pengobatan ini sehari sekali pada malam hari. Berikan hingga sang ayam mengalami kemajuan.

2. Daun Serai

Selanjutnya melalui obat luar. Penggunaan daun serai juga ampuh utuk mengobati ayam yang mengalami penyakit lumpuh. Cara pemberiannya cukup dengan menempelkan daun serai yang sudah kita tumbuk ke bagian luka sang ayam lalu kita balut menggunakan kain perban. Lakukan pergantian perban ini dalam walt 2 hari sekali hingga sang ayam sembuh.

3. Multivitamin

Setelah diberikan pengobatan baik dalam maupun luar, selanjutnya adalah proses pemberian multivitamin. Pemberian multivitamin sangat perlu untuk ayam yang baru saja pulih agar sang ayam memiliki kekebalan akan penyakit dan nafsu makan bertambah. Vitamin yang diberikan dapat berupa multivitamin Jalu Aji Ginseng Plus atau Becomp Plus yang dapat dibeli di apotek atau Ploutry terdekat.

Cara Membuat Obat Tradisional Untuk Penyakit Ayam Lumpuh

4. Perawatan Lainnya

Setelah melakukan perawatan yang ada di atas, kami juga akan memberikan beberapa tips agar sang ayam dapat pulih lebih cepat, anatar lain
1. Lakukan pemijatan pada ayam yang sakit menggunakan minyak tawon ataupun salep. Apalagi jika pengobatan yang dilakuakn menggunakan daun serai.
2. Tidak memandikan atau menjemur sang ayam hingga benar-benar pulih
3. Buat kandang ayam menjadi hangat di malam hari yaitu dengan menyelambui kandang dengan kain rapat.
4. Berikan juga 1 siung bawang merah untuk menambah nafsu makan sang ayam
5. Ayam juga dapat diberikan obat penambah darah seperti Sangobion, 1 tablet 2 hari sekali agar tubuhnya tetap fit.

Baca Juga :

Bookmark the permalink.